Konsep Hidup

Suatu benda disebut hidup bila benda tersebut mampu menunjukkan  gejala-gejala kehidupannya, seperti; nutrisi, transportasi, respirasi, tumbuh dan berkembang, ekskresi, reproduksi, irritabilitas, koordinasi dan adaptasi.
1. Paham Abiogenesis di sebut juga Paham Generatio Spontanea
Pemuka paham ini yaitu seorang bangsa Yunani, Aristoteles (394-322 sebelum masehi), berpendapat :
"Makhluk hidup berasal dari benda mati yang timbul secara spontan karena adanya gaya hidup". Paham ini seolah-olah diperkuat oleh Antonie van Leeuweunhoek seorang bangsa Belanda yang berdasarkan hasil penemuannya pada air hujan dan rendaman air jerami di bawah mikoskopnya diketemukan adanya jentikjentik (makhluk hidup). Leeuwenhoek menemukan adanya jentik-jentik berasal dari air sehingga ditafsirkan sebagai pendukung abiogenesis.

Pendukung abiogenesis yaitu John Needham seorang ahli pengetahuan bangsa Inggris.

2. Teori Biogenesis (Omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo)
Teori biogenesis berpendapat bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. Yang  berpendapat secara biogenesis yaitu:

l. Francesco Redi (1668)
Redi seorang ahli  ilmu pengetahuan bangsa Italia yang  menentang  teori Abiogenesis dengan  mengadakan   percobaan yang kesimpulannya sebagai berikut:
"Bahwa larva (kehidupan) bukan berasal dari daging yang membusuk tetapi berasal dari lalat yang dapat masuk ke dalam tabung dan bertelur pada keratan daging".

2. Lazzaro Spallanzani ( 1729-1799)
Seorang filosof bangsa Italia yang menentang pendapat John Needham, kehidupan yang terjadi pada air kaldu disebabkan oleh pemanasan yang tidak sempurna sehingga mikroorganisme tidak terbunuh secara sempurna.
Kesimpulan percobaan Spallanzani :
.Pada tabung terbuka terdapat kehidupan berasal dari udara
.Pada tabung yang tertutup tidak terdapat kehidupan, hal ini membuktikan bahwa kehidupan bukan dari air kaldu.

3. Louis Pasteur (1822-1895)
Pasteur mengadakan percobaan dengan labu yang penutupnya berbentuk leher angsa bertujuan untuk membuktikan bahwa mikroorganisme terdapat di udara bersama dengan debu. Dengan hasil percobaan nya sebagai berikut:
. Mikroorganisme yang tumbuh bukan berasal dari benda mati (cairan) tetapi dari mikoorganisme yang terdapat di udara
. Jasad renik terdapat di udara bersama dengan debu. Dengan percobaan Pasteur ini maka gugurlah teori Abiogenesis (generatio spontanea) Pasteur terkenal dengan semboyannya  " Omne vivum ex ovo, omne ovum ex vivo" yang mengandung pengertian sebagai berikut:
- Kehidupan berasa dari telur dan telur dihasilkan makhluk hidup
- Makhluk yang hidup sekarang berlasal dari kehidupan sebelumnya
- Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.

4. Teori Urey dan Paham Oparin
Dalam usaha menjawab asal-usul hidup maka terdapat para ilmuwan yang berpendapat :
Faham  yang  mengatakan, bahwa  kehidupan  pertama  terjadi di lautan,   karena  setelah  terbentuk  lautan  akan timbul berbagai reaksi kimia yang memungkinkan terjadinya makhluk hidup.

Teori Harold UreY (1893)
Urey berpendapat bahwa kehidupan berasal dan terjadi pertama. kali di udara (atmosfer).  Pada saat tertentu dalam sejarah perkembangan bumi terbentuk atmosfer yang kaya akan molekul-molekul CH4, NH3, H2, dan H2O karena adanya loncatan listrik akibat halilintar dan sinar kosmik terjadi asam amino yang memungkinkan terjadinya kehidupan.

Paham Oparin
Seorang  bangsa Rusia berpendapat seperti Urey bahwa kehidupan pertama terjadi di cekungan  pantai  yang bahan-bahannya dari lautan.